Kutipan Favorit :
"Aku memperlakukan setiap menit yang kuhabiskan bersama keluarga dan teman-teman bagaikan waktu-waktu yang sangat berharga. Aku memperhatikan wajah dan suara mereka dengan cermat, supaya tidak melupakan semua itu. Aku tahu aku takkan pernah melihat mereka lagi dan hal itu membuat hatiku pedih, tapi hal ini memang harus terjadi. Tidak ada jalan kembali." -Darren Shan-

Cirque Du Freak-Buku pertama Darren Shan Saga oleh Darren Shan

Sunday, 17 January 2016

Reading Challenge 2016

Tahun 2014 lalu aku ikut beberapa reading challenge. Tapi berakhir dengan gagal total karena yah malas luar biasa ._. Awalnya saja semangat tinggi tapi akhirnya kalah juga. Di goodreads juga challengenya gak tercapai.

Tahun 2015 aku tidak mengikuti reading challenge apapun. Yakin bakalan gatot juga sih. Goodreads saja tidak di update. Jadi ya challenge nya juga gatot ._.

Tahun 2016 ini kuawali dengan beres-beres buku. Setelah mendapatkan 8 buku gratis dari seorang editor dan mendapatkan amanat untuk membagikan 66 buku (ya 66 BUKU!) aku harus membereskan semuanya. Menata semua buku dan memastikan tidak ada yang tercampur antara buku teman dan buku sendiri. Aku iseng menghitung dan ada lebih dari 100 buku yang belum dibaca. Padahal jumlah buku milikku hanya 221 buku. Lebih dari setengah selama ini hanya tertimbun dan tidak terbaca.

Jadi, setelah memastikan punya kalender yang bisa ditandai dengan banyak catatan, aku berniat membabat setidaknya setengah dari timbunanku. aku tidak muluk-muluk berharap menyelesaikan satu buku perharinya. Targetku hanya satu buku seminggu. Aku tidak akan memaksakan. Tentu saja melihat keadaan hari hariku. Akhir desember hingga awal januari setidaknya selama dua minggu penuh, aku disibukkan dengan banyak hal hingga ketika ada di rumah yang aku inginkan hanya tidur.

2016 ini aku ingin hidupku lebih tertata dan tidak disibukkan dengtan hal hal yang tidak jelas. Seperti galau misalnya ._.

Langsung saja ke reading challenge yang aku ikuti





Host : mbak Yuska @ Lust and Coffee
Syarat mengikuti challenge ini:
  1. Membaca buku dan menulis resensi untuk tema yang ditentukan tiap bulan. Resensi boleh ditulis di blog, FB note atau Goodreads.
  2. Meninggalkan link resensi.
  3. Akan ada pemenang bulanan untuk challenge ini berupa buku yang bisa dipilih sendiri senilai IDR 100,000.
  4. Peserta tidak wajib mengikuti challenge tiap bulan, tetapi bagi yang mengikuti dari Januari sampai Desember 2016 akan ada hadiah spesial yang akan diundi akhir tahun, yaitu hadiah buku sebesar IDR 250,000 yang bisa dipilih sendiri di toko buku online.
  5. Tema akan diumumkan setiap awal bulan


Host : Raafi @ Ough My Books!
Aturan mainnya :
  1. FSFD-RC 2016 berlangsung dari 10 Januari 2016 - 10 Januari 2017 (tepat satu tahun). Buku-buku yang dihitung di dalamnya hanyalan yang dibaca pada periode tersebut.
  2. Kamu tidak perlu mempunyai blog untuk ikutan FSFD-RC 2016. Tetapi harus membuat review dari buku yang dibaca.
  3. Harus memiliki media untuk mengepos review, baik itu blog, akun Facebook melalui fitur "Notes", akun Goodreads, atau yang lainnya.
  4. Buku yang dibaca merupakan genre fantasi, fiksi ilmiah, dan distopia tanpa batasan subgenre. Selengkapnya bisa baca di sini.
  5. Buku yang dibaca boleh dalam bentuk fisik (paperback) dan digital (e-book).
  6. Mendaftarkan dirimu melalui formulir. Pendaftaran dibuka hingga 31 Desember 2016.

Host : Kak Faraziyya @ Faraziyya's Bookshelf
Rules nya :
  1. Peserta YARC memiliki blog.
  2. Peserta wajib membuat review atas buku yang telah dibacanya. Not a short one, setidaknya review yang dibuat mencakup sinopsis dan tanggapan pribadi atas jalannya cerita di novel yang dibaca.
  3. Tema dan subgenrenya tidak terbatas, jadi kalian boleh membaca novel contemporary, dystopia, horror ataupun historical fiction. Hanya satu catatannya: buku yang dibaca adalah karya fiksi.
  4. Buku yang dibaca boleh dalam bentuk fisik, atau e-book.
  5. Review dianulir bila buku yang dibaca bukan Young Adult (sesuai dengan definisi dari laman Goodreads).
  6. Reread diperbolehkan asal review yang dibuat adalah review yang baru.
  7. YARC boleh digabungkan dengan RC lain.
  8. Mengambil salah satu level : Freshmen (1-13 buku), Junior (14-21buku) atau Senior (di atas 21buku
  9. Peserta wajib membuat rekap atau wrap up post di awal Januari 2017.
  10. Reading challenge ini diperuntukkan kepada yang memiliki alamat di Indonesia saja.
  11. YARC berlangsung dari bulan Januari hingga Desember 2016 (pendaftaran dibuka hingga 31 Maret 2016. Review yang sudah dibuat sebelum master post ini terbit, tetap boleh disetorkan.
Karena aku gak mau muluk-muluk, aku ambil level Freshmen :D


Syaratnya :
Setting buku berada di negara Asia Timur. Dan menurut wikipedia, negara Asia Timur meliputi Republik Rakyat Tiongkok (Cina), Macau (RRC), Jepang, Hongkong, Republik Demokratik Rakyat Korea (Korea Utara), Korea Selatan, Mongolia dan Taiwan. Oh iya, penulis bukunya tidak harus orang Asia Timur, namun yang diutamakan di sini adalah setting tempatnya. Jadi kalau penulis Indonesia nulis buku tentang Korea misalnya, tidak apa-apa diikutkan reading challenge ini.
  1. Buku yang direview hanyalah buku fiksi dengan genre dan rating bebas.Komik/coloring book/graphic novel tidak diperbolehkan dalam reading challenge ini.
  2. Periode challenge ini mulai tanggal 1 Januari 2016 sampai 24 Mei 2016. Di akhir challenge, dimohon membuat postingan wrap up tentang berapa banyak buku yang telah dibaca dalam rentang waktu challenge ini.
  3. Memasang banner yang ada di atas (atau bisa di download di google form) pada side bar blog serta membuat postingan bahwa mengikuti challenge ini di blog masing-masing (yang dihubungkan ke postingan ini).
  4. Silahkan mereview sebebas kalian. Namun sistem penilaian bukanlah dari banyaknya jumlah review, namun dari segi gaya penulisan review itu sendiri.
  5. Di akhir periode, akan dipilih satu pemenang yang bisa memilih 2 buku yang jika diakumulasikan bernilai Rp.100.000,- 
  6. Mengisi formulir sebagai pernyataan mengikuti reading challenge ini.

Syarat ikutan:
  1. Mendaftar di link. Tidak ada batas waktu untuk mendaftar, boleh mendaftar kapan saja selama masih dalam periode challenge.
  2. Memasang button Read Big pada blog dan untuk Master Post nya tidak wajib posting kok. 
  3. Boleh menentukan kelas/level di awal.
  4. Membuat review untuk buku yang dibaca. Review bisa dimuat di blog, Goodreads atau Notes Facebook. dan masukkan link-nya ke linky yang ada di bawah.
  5. Untuk yang memiliki blog, langsung saja dirangkap di wrap-up. Sedang, yang memakai Goodreads dan Facebook, gunakan link review yang disediakan. 
  6. Jika membuat review sebuah buku di lebih dari satu media, masukkan salah satu saja. Buku dibaca dan direview pada periode 15 Januari 2016 - 14 Januari 2017.
  7. Buku boleh re-read, tapi review harus baru (bukan repost), dan diposting pada periode challenge.
  8. Boleh overlapping dengan reading challenge lain.
  9. Membuat wrap up post di akhir periode, yang berisi: a) Kelas apa yang berhasil dicapai, dan b) Daftar buku apa saja yang dibaca beserta link review-nya.
  10. Wrap post ditunggu hingga 1 Februari 2017, linky akan tersedia pada 31 Desember 2016. 
Aku sendiri memilih untuk mengambil kelas paling rendah yaitu kelas bulu (featherweight)


Host : Shen Meileng @ The Cute Geek
Syarat kalau mau ikutan :
  1. Peserta berdomisili Indonesia.
  2. Dimulai tanggal 1 Januari 2016 sampai 30 Desember 2016. Tanggal 31 Desember untuk merekap peserta serta untuk blog walking peserta. Untuk pendaftaran, dimulai dari sekarang (28 Desember 2015) sampai 18 Oktober 2016
  3. Memposting challenge ini di blog dengan membuat direct link ke postingan ini dan memasang banner di atas pada side bar blog.
  4. Komik yang dibaca paperback/online, namun bukan berasal dari website gratis. Dan itu berarti Webtoon tidak diperbolehkan dalam challenge ini.
  5. Setiap postingan mencantumkan label 'Comic Reading Challenge 2016' agar mudah saat aku blog walking dan meninggalkan komentar.
  6. Wrap up challenge ini dilakukan 3 bulan sekali (Maret, Juni, September, Desember) dan pada masa ini akan dipilih satu orang yang reviewnya menjadi favorit yang akan diberikan hadiah berupa pulsa 25 ribu rupiah.
  7. Pada akhir tahun akan diundi pemenang tiap kategori yang masing-masing kategori mendapatkan uang tunai Rp.50.000,- dan pemenang akan diumumkan pada minggu pertama Januari 2017.
  8. Komik yang dibaca tidak terbatas hanya dari Jepang/Korea/Cina saja, tetapi dari seluruh dunia (Eropa, Amerika & Indonesia). Jika komik tersebut berseri, diharapkan mereview per buku (dari seri itu dimulai sampai selesai). Kalaupun komik serinya masih belum selesai ataupun mereview tidak sesuai dengan urutan seri tidak masalah
  9. Untuk kategori sendiri, masih tetap 3 kategori. Namun bedanya tahun ini jumlah entrinya jauh lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Dan tiap postingan, diharapkan mencantumkan banner kategori yang dipilih pada akhir postingan.
Aku sendiri akan mengambil level paling rendah dulu yaitu Rookie


Semoga bisa tercapai semua targetnya :D

Oh iya aku menambahkan deadline yang harus tercapai. Aku sendiri membuat Reading Challenge bekerja sama dengan Jun @Story Eater Corner. Bagaimana detailnya? Menyusul ya :D

0 comments:

Post a Comment