Kutipan Favorit :
"Aku memperlakukan setiap menit yang kuhabiskan bersama keluarga dan teman-teman bagaikan waktu-waktu yang sangat berharga. Aku memperhatikan wajah dan suara mereka dengan cermat, supaya tidak melupakan semua itu. Aku tahu aku takkan pernah melihat mereka lagi dan hal itu membuat hatiku pedih, tapi hal ini memang harus terjadi. Tidak ada jalan kembali." -Darren Shan-

Cirque Du Freak-Buku pertama Darren Shan Saga oleh Darren Shan

Sunday, 1 December 2013

December Puzzler


pada suatu hari.....

di sebuah kerajaan yang bernama bibliophile telah terjadi kegaduhan. raja dan ratu kehilangan pusaka mereka. mereka kehilangan satu buah buku yang amat mereka cintai. judulnya tidak diketahui secara persis karena raja dan ratu memiliki lebih dari tujuh ribu buku. 

saat itu seorang Pustakawan sedang tertidur lelap di kamarnya. dia mendengar kegaduhan di ruangan tempat ia bekerja setiap harinya. ia memanggil penjaga. namun mereka tidak berhasil mengejar orang-orang yang ternyata telah menyusup ke perpustakaan kerajaan. sang pustakawan memeriksa dengan seksama. ia menghitung dan ia sadar kalau ia kehilangan dua buah buku. satu buku yang berisi daftar buku yang ada di perpustakaan dan satu buku yang judulnya tidak diketahui.

raja dan ratu begitu mencintai buku buku mereka. tak satupun buku boleh meninggalkan perpustakaan tanpa seizin yang mulia. kini sang raja merasa begitu marah dan sang ratu merasa begitu sedih. mereka berdebat hingga pagi. hingga menemukan jalan untuk menemukan judul buku yang hilang sehingga mereka bisa ke toko buku dan membeli kembali buku yang telah hilang.

saat hari tak lagi gelap, semua rakyat dikumpulkan di lapangan besar yang berada di tengah desa. seseorang laki-laki berdiri di atas podium di depan semua warga. ia mengenakan setelan jas hitam dengan kemeja putih di baliknya. ia menggunakan celana panjang merah licin yang sewarna dengan bros mawar yang tersemat di dada kirinya. ia memegang segulung kertas perkamen yang telah disegel dengan lambang kerajaan. ia mengumumkan isinya tanpa menggunakan pengeras suara karena saat itu tak ada satu orangpun yang bersuara.

Untuk rakyat kami yang sejahtera

semalam kerajaan yang kita lindungi sepenuh hati telah di datangi oleh sebelas orang penyusup. mereka tidak mengambil perak atau emas atau hewan ternak. mereka mencuri salah satu buku koleksi kerajaan. dan buku adalah barang berharga di desa kita. kita tak bisa hanya belajar dari orang lain sehingga kita akan mengandalkan buku. dan salah satu sumber ilmu kita telah lenyap.

pengumuman ini di sampaikan karena kami sedang mencari seorang pejuang. pejuang sejati yang bisa menemukan judul buku yang telah hilang. mereka adalah pejuang yang tinggal di indonesia. mereka yang bersedia mengerahkan seluruh kekuatannya untuk membantu kerajaan diharapkan mengisi data di bawah ini. hanya mereka yang memenuhi persyaratan yang tertera di surat perjanjian yang bisa melaksanakan misi ini. 



bagi mereka yang berhasil melaksanakan misi ini akan mendapatkan hadiah dari kerajaan. untuk satu pejuang sejati yang sesungguhnya, ada voucher buku senilai dua ratus lima puluh ribu Rupiah. dan untuk dua orang pendamping pejuang yang tak kalah hebatnya, kerajaan menyediakan voucher buku masing masing senilai seratus dua puluh lima ribu rupiah.

hadiah akan diberikan pada tanggal sepuluh januari. bila ada lebih dari satu pejuang yang berhasil, maka kami akan mengundi siapa yang berhak mendapatkan hadiah. tapi jika pejuang yang kami panggil tidak datang setelah empat puluh depalan jam sejak pengumuman, maka kerajaan akan memanggil pejuang lain.

selamat berjuang para Pejuang tangguh. semoga kalian dapat kembali membawa kabar yang kami harapkan.

tertanda

raja arthur dan ratu annie

sang utusan kerajaan turun dari podium. seketika suasana menjadi ramai. semua orang membicarakan siapa saja yang mungkin akan memenangkan hadiah dari kerajaan. 

pagi tadi seseorang menceritakan padaku sama persis seperti apa yang tadi kujelaskan padamu. dengan berat hati aku memberitahumu kalau aku adalah salah satu dari sebelas orang yang telah menyusup.

tapi jangan kau pikir kami orang jahat. kami hanya diperdaya oleh penyihir hitam bernama raven. kami dibawah pengaruh sihirnya. ya, kami tidak melakukan hal itu dengan kemauan kami sendiri. kami tidak tahu apa tujuan penyihir raven. kami tidak ingat apapun. satu-satunya yang kami ingat adalah apa yang kami lakukan sesudahnya.

raja dan ratu memang menyebutkan soal judul. tapi yang kami curi bukan buku yang mudah ditemukan. lebih mudah untuk mengambilnya dari kami ketimbang pergi ke toko buku. 

dan kami akan menebus kesalahan kami dengan membantumu--membantu kerajaan. dan pertama-tama izinkan aku memberitahumu siapa saja yang telah masuk tanpa izin ke perpustakaan kerajaan. 


yang kami ingat kami menyembunyikan buku itu di suatu tempat. ada kombinasi huruf yang menjadi kunci untuk membukanya. kombinasi huruf itu akan membentuk kata-kata yang merupakan kutipan dari buku di dalamnya. tapi kau tidak bisa membukanya secara paksa. ada cairan yang akan menghancurkan buku itu.cairan itu terlindung di balik peti yang akan bocor jika kalian melakukan hal yang kejam.

tapi kalian hanya bisa melakukan pencarian ini di bulan desember. kami adalah Orang terpilih. karena kami lahir di bulan desember. dan selama bulan masih bersinar di bulan yang menjadi bulan lahir kami, kalian bisa berjuang. jika januari datang kalian akan kehilangan kesempatan.

ini perjuangan yang murni. jika kalian melakukan kecurangan, maka kalian tak akan pernah berhasil.

masing-masing dari kami hanya mengetahui satu kata dan salah seorang dari kami menyimpan kotaknya. kau tak bisa mengandalkanku untuk membuka peti itu. jadi kau harus mendatangi kami--Satu per satu di istana yang berbeda--dan menanyakan tentang kata kunci itu dan menemukan kata yang benar. tapi kami menyembunyikannya dengan cara kami sendiri. aku punya caraku sendiri. tapi jantung dan lidah kami telah terikat oleh sihir raven sehingga kami tak akan bisa mengatakannya. tapi aku bisa memberitahumu bagaimana cara menemukan kata kunci itu.

dengarkan aku baik baik karena hanya ini yang bisa kukatakan padamu.

aku memegang sebuah kata kunci sayangnya kunci itu terbelah sebanyak huruf dalam namaku. kau hanya perlu mengumpulkannya dan menjadikannya satu kesatuan yang utuh. kunci-kunci itu disembunyikan di tempat yang tak akan kau duga. tepat dihadapan kau sendiri. tapi kebanyakan dari mereka yang telah datang ke tempat ini, tidak menyadarinya. apa yang mereka lihat mungkin tampak sama dengan yang lain. tapi ada perbedaan yang mereka pikir adalah kesalahan tapi itu kulakukan dengan sengaja karena tak bisa kusamarkan. hingga mereka terlalu sibuk dengan pencarian mereka. dan saat aku memberitahukan rahasia ini, mereka telah melewati kuncinya. tErmasuk kau. ya, kau telah melewatkan tempat-tempat di mana potongan kunci itu kusembunyikan. dan sayangnya aku hanya bisa mengatakan satu hal lagi. kau bisa melakukan pencarian selanjutnya di istana milik dianita.


Nah nah nah, perjuangan kalian masih bisa diteruskan. Kebetulan bulan Desember juga merupakan ulangtahun blog ini yang pertama *tiup lilin*. Emang sengaja sih aku mosting suguhan pertama di blog ini pas tanggal 1 Desember. Yah, biar kalau bikin giveaway cukup satu aja #eh

Terimas kasih pejuang, kalian masih betah di istanaku. Sebagai rasa terima kasih, aku persembahkan satu giveaway tambahan dalam rangka syukuran blog ini :) Yang bisa menembus 100 posting dalam waktu setahun. Coba blog sebelah. Butuh dua tahun buat sampai 100 posting. Dan akhir tahun ini kalau di sebelah gak diupdate, pasti jumlah postingannya kekejar :(

Cukup cuap-cuapnya. Langsung aja ke rules...
  1. Giveaway berlangsung selama bulan Desember. Dan pengumumannya tahun depan yaitu Januari 2014
  2. Masih pengen ngejailin peserta, jadi aku pake Rafflecopter. Bagi yang bingung bagaimana cara menggunakannya, silahkan kirim pertanyaan kalian ke @ryana_maryana dan aku akan membantu kalian semampuku. Asal jangan minta dibantuin biar menang....
  3. Leave a comment below. Dengan mencantumkan nama di rafflecopter, akun twitter, alamat email. Ini penting loh yah, karena last giveaway ada yang ngisi data tapi gak ada entriannya atau ada yang ngisi entrian tapi gak ada datanya. Untuk cek aja. Soalnya kadang ada yang komentar sama nama rafflecopternya beda. Aku gitu soalnya :p
  4. Aku mohon komentar di sebuah postingan. Dan linknya ntar dikasih tahu sama Rafflecopter
  5. Pastikan kamu komentar dengan nama yang sama. Jangan nambahin kerjaan aku ya dengan delete sana delete sini....
  6.  Pemenang ditentukan oleh Rafflecopter. Buat yang entriannya sedikit, jangan takut kalah. Bulan lalu aku menang givaway padahal entrianku cuma 10 dan yang masuk itu sekitar 500 entries :p
  7. Pemenang akan dihubungi via email atau twitter atau facebook. Jika dalam 3 hari tidak memberikan respon, maka akan dipilih pemenang baru.
  8. Pemenang harus memiliki alamat kirim yang bisa dijangkau oleh pak POS
  9. Buku yang dipilih harus buku yang mudah ditemukan di toko buku. 
  10. Semoga yang jujurlah yang menang :)
  11. Kalau udah baca langsung masukan entry-mu!

note : Curang berarti diskualifikasi ya. Berapa pun entry yang kau masukkan, akan aku delete semua :)

a Rafflecopter giveaway

***

Biasanya....

Aku mengusahakan adanya apresiasi untuk peserta pertama dan tambahan hadiah. Tapi berhubung udah ada hadiah yang kuharap bikin ngiler kalian, jadi aku kasih hadiah tambahan aja tapi bersyarat. Hadiahnya adalah....


Pembaca Yang Terhormat,

Hanya kemurnian hati yang mampu memahami halaman demi halaman buku ini.

Setiap halaman yang kaubuka, setiap bab yang kaubaca, akan membawamu semakin dekat pada akhir.

Tidak setiap orang akan berhasil. Banyaknya plot cerita dan gaya bahasa, akan memusingkan dan membingungkan.

Dan sementara kau sibuk mencari kebenaran, ternyata ia ada tepat di depanmu.

Kegelapan akan tiba, bersama kejahatan yang luar biasa.

Dan mereka yang telah membaca buku itu tidak akan pernah melihat cahaya lagi.


Santa Mondega, kota para pendosa, akan segera berubah menjadi neraka. Karena di sana terdapat sebuah batu biru misterius: Mata Rembulan.

Dan, Bocah Bourbon, Sang Malaikat Kematian, yang akan menjadi eksekutornya.

Di Santa Mondega juga terdapat sebuah Buku Tanpa Judul yang ditulis oleh seseorang Tanpa Nama. Buku itu akan membawa kematian bagi semua yang membacanya. Tetapi, hanya buku itu yang dapat mengakhiri semua kekacauan tersebut.

Semua rahasia tersimpan didalamnya. Namun, jika masih ingin bernafas, apapun yang kalian lakukan, janganlah kalian membacanya.
Mohon maaf bukan buku baru. Buku ini hasil titipan ke temen yang mampir ke IBF. Awalnya tertarik sampe temen upload foto belanjaannya yang udah dipisah-pisah (sesuai pemesan) dan aku sadar kalau tidak seharusnya aku membaca buku ini. Yah, dengan berat hati kukatakan buku ini aku masukan dalam list 'no to read forever'. Isn't my genre. Plastiknya udah dibuka karena penasaran. Tapi bukunya gak pernah aku baca dari awal sampai akhir. Cuma baca acak aja kok.

Satu cara buat dapetin buku ini. Cukup jawab 3 pertanyaanku. Siapa cepat dan benar, langsung mendapatkan buku ini. Tapi hanya boleh satu kali menjawab. Dan jikalau tidak ada yang menjawab atau jawabannya salah semua, buku ini jadi milik orang yang menangin giveaway alias yang dipilih sama rafflecopter. Jadi kalau yang mau buku ini, silahkan pikirkan baik-baik dan jawab dengan mereply komentarmu yang berisi data diri.

Pertanyaannya? Susah kok #eh

1. Aku ini seorang (yang ingin menjadi) Shanster. Dan salah satu impianku--tentu saja--mengunjungi Shanville dan bertemu pangeran Shan. 

https://www.google.com/search?hl=en&site=imghp&tbm=isch&source=hp&biw=1366&bih=664&q=josh+hutcherson&oq=josh+hutcher&gs_l=img.3.0.0l10.10074.12362.0.13746.12.11.0.1.1.3.974.3552.1j3j2j3j0j1j1.11.0....0...1ac.1.31.img..7.5.641.E-y7sOfQMsk#hl=en&q=pallaskenry+shanville+darren+shan&tbm=isch&facrc=_&imgdii=_&imgrc=MjU_6K9lJCiHkM%3A%3B9tpwjE-roZBpbM%3Bhttps%253A%252F%252Ffbcdn-sphotos-f-a.akamaihd.net%252Fhphotos-ak-ash4%252Fp480x480%252F1005749_10201650955775100_436128139_n.jpg%3Bhttps%253A%252F%252Fwww.facebook.com%252Fdarrenshanofficial%253Fsk%253Dapp_203427599697649%3B720%3B480

Ada yang tahu di negara manakah rumah Darren Shan berada?

2. Aku ini greget sama cerita yang gak pernah diungkapkan oleh Darren Shan. Kalau di film sih, cerita antara Josh Hutcherson dan Morgan Saylor. Meski cerita di filmnya belum sampai sana. Aku pengen nulis spin off dari cerita yang satu ini. Mau dari sisi siapapun juga boleh....


*cari tissue*
maaf sodara sodara, saya agak mimisan....
Dan, sebutkan nama depan mereka di buku....

3. Banyak yang kecewa sama film tersebut. Kalau aku, kecewa sih enggak, cuma heran. Dan aku pengen punya kesempatan buat nulis ulang skenario film tersebut. Dan satu kebodoran yang aku temukan di twitter. Soalnya gak mirip (yaiyalah gak mirip -_-)

https://twitter.com/darrenshan/status/325065044289265664

Siapa nama asli orang yang ditunjuk Darren Shan?

Tiga pertanyaan dari tiga impianku yang paling absurd (?). Tapi sungguh, betapapun jauhnya mimpi itu, aku akan berusaha mengejarnya. Karena aku bermimpi untuk diwujudkan....

26 comments:

Denny Ardhianto said...

Twitter : @deniash
email : ardhianto.denny@gmail.com
Rafflecopter: Denny Ardhianto

Denny Ardhianto said...

1. Irlandia
2. (Cirque du Freak: The Vampire's Assistant )
Josh Hutcherson -- Steve
Morgan Saylor -- Annie
3. Chris Massoglia

Ratri Anugrah said...

Twitter: @imawesomenerd
email: ratrianugrah[at]ymail[dot]com

daneeollie said...

Rafflecopter: Perdani Budiarti
Twitter: @daneeollie
Email: daneeollie[dot]gmail[dot]com

Mita said...

Mita Oktavia
@Oktaviamithaa
greenishforeva[at]gmail[dot]com

Mita said...

1) Ireland
2) The Saga of Darren Shan, Cirque du Freak : The Vampire's Assistant
Josh Hutcherson : Steve
Morgan Saylor : Annie
3) Chris Massoglia

FennyHerawatiYusuf said...

Mbak, saya udah isi GoogleDocsnya ^^
kalau ga ke rekam, tolong di hubungi
yaaa via twitter @fennyusuf
Makasih mbak udah ngadain giveaway..

Data diri:
Fenny Herawati
@fennyusuf
fennyherawatiyusuf @ y a h o o . c o m
Live at Bekasi *info tambahan*

Alexaaxoxo said...

isi gdocsnya belakangan gapapa kan? belom nemu keywordnya T.T
Raffle: Amelia Aura
twitter: @meliarawr
fantasy_narnia@yahoo.com

Angela Noviana said...

Makasih buat giveawaynya :)
Data diri:
Angela Noviana
@AngelaNoviana
saphire_sha[at]yahoo[dot]com

ila aulia rahmah. said...

Mbak aku udah ikutan yang december puzzler, kalo belum kerekam, tolong kasih tau ya? ^^

dweedy ananta said...

Dwi Ananta
@dwianantasari
tobowbow@gmail.com

1. Ireland
2. The Saga of Darren Shan, Cirque du Freak : The Vampire's Assistant
Josh Hutcherson : Steve
Morgan Saylor : Annie
3. Chris Massoglia

Jun said...

Nama: Fery Juni Ismarianto | Nama di raff: Jun
Twitter: @FJrean
Email: reatheryan[at]gmail[.]com

Jun said...

1. Irlandia
2. Cirque du Freak : The Vampire's Assistant | Steve and Annie
3. Chris Massoglia [note OOT: udah nonton filmnya yang terbaru belum? Yang judulnya The Hole?]

Alfindy Agyputri said...

Nama: Alfindy Agyputri
Twitter: alfindyagyputri
Email: alfindy.agyputri@hotmail.com

Thanks kak :D

Alfindy Agyputri said...

Iseng ikutan ah :D

1. Ireland!!! Love it xD
2. The Saga of Darren Shan, Cirque du Freak: The Vampire's Assistant. Morgan Saylor: Annie. Josh Hutcherson: Steve
3. Chris Massoglia

Thanks kak :D

astri nardi said...

Makasih buat Giveawaynya kak ^^ Happy b'day buat blog nya smoga makin keren lg ^^
Nama : Astri Nardi
Twitter : @astri_nardi
Email : astri.nardi@gmail.com

Jawaban :
1. Irlandia
2. Cirqu du Freak : The Vampire's Assistant | Morgan Saylor: Annie. Josh Hutcherson: Steve 
3. Chris Massoglia

Makasih buat Giveawaynya kak :D

Klikgaul.com Portal Berita artis ,K-Pop , Zodiak, Love Paling Keren dan Update said...

Giveawaynya keen. hehehe
saya tunggu kunbanya

PRODUSEN PROJECTOR TERBAIK DAN TERPERCAYA DI INDONESIA said...

Giveawaynya bermanfaat bgt. hehehe
saya tunggu kunbanya

nurmawati djuhawan said...

GFC : nurmawati djuhawan
email : chiko_jubilee at yahoo dot com

thx u for the giveaway ;)

Dyah Muawiyah said...

Ikutan ya kak, makasih giveaway nya :)

Nama : Dyah Muawiyah
Email : dyaahmuawiyah@gmail.com
Twitter : @dyahmuawiiyah

annisa m zahro said...

Nama : Annisa M Zahro
Twitter : @letsread123
Email : azzahra.annisa15@gmail.com

Anisa Listya said...

Makasih buat Giveawaynya
Happy b'day buat blog nya smoga makin keren :)

Nama : Anisa Listya
Twitter : @417154
Email : listya_anisa@yahoo.com

Jawaban :
1. Irlandia
2. Cirqu du Freak : The Vampire's Assistant | Morgan Saylor: Annie. Josh Hutcherson: Steve
3. Chris Massoglia

Thanks for Giveaway :D

cynthia said...

Nama: Cynthia Damayanti | Cynthia
Twitter: @cyn0514
email: cyn0514@gmail.com

Jawaban:
1. Irlandia
2. The Saga of Darren Shan, Cirque du Freak : The Vampire's Assistant
Josh Hutcherson : Steve | Morgan Saylor : Annie
3. Chris Massoglia

Octanty Mulyaningtyas said...

Nama : Octanty Mulyaningtyas
Twitter : @octantyas
Email : octantymulyaningtyasoct@gmail.com

ila aulia rahmah. said...

Ini kak data diri aku buat giveaway buku senilai 70k :)
Ila Aulia Rahmah
@ilaciouss
la_aulia97@yahoo.com

ila aulia rahmah. said...

Dan ini jawaban untuk pertanyaannya ;D hohoho
1. Ireland
2. The Saga of Darren Shan, Cirque du Freak : The Vampire's Assistant
Josh H. -> Steve
Morgan S. -> Annie
3. Chris Massoglia u,u

Post a Comment