Thursday 25 April 2013

Close Up Interview Anggota Blogger Buku Indonesia

Memorandum

Kepada : Agen R. Maryana
Dari   : Lev Comander. Komandan tingkat 5.
         Kepala Kantor Pengendali Pusat Distrik 16 NASS
Topik  : Misi Tambahan

Aku tahu kau baru saja kembali dari tugasmu. Tapi aku tidak tahu siapa lagi yang bisa kuminta tolong. Kita perlu informasi dari seorang anggota BBI. Aku tahu kau menyembunyikan identitasmu sebagai anggota SS dengan bergabung bersama BBI. Hanya kau yang bisa menerima tugas ini.

Kau harus mencari tahu tentang atthia. Salah seorang anggota BBI yang mungkin belum kau kenal. Cari tahu apapun yang bisa kau tanyakan.

Kutunggu laporanmu paling lambat tanggal 25 April 2013 pukul 24.00

Perlu kau ingat, aku tidak menerima laporan berisi kronologi kegagalan misi. Lakukan semaksimal mungkin, atau aku akan mengirimku ke pengasingan ke Libya untuk membersihkan semua kloset yang ada.



Ugh...
Pesan itu aku terima beberapa hari yang lalu. Aku baru saja kembali dari misiku mengantarkan buku-buku bacaan ke perpustakaan NASS. Masalahnya aku harus melewati 17 Distrik menaiki mobil NASS yang sudah bisa dibilang tua. Perjalanan dua hari yang begitu melelahkan. Tapi apa daya harus kulakukan. Dari pada aku harus ke pengasingan hanya untuk membersihkan kloset -_-


Laporan Penyelidikan

Kepada : Lev Comander. Komandan tingkat 5.
         Kepala Kantor Pengendali Pusat Distrik 16 NASS
Dari   : Agen R. Maryana
Topik  : Laporan Misi Tambahan


Aku yakin ini saran Agen Alex. Dia ingin balas dendam karena aku mengerjainya saat ulangtahunnya. Aku yakin dia yang bilang pada komandan tentang identitas penyamaranku. Tahukah komandan aku baru saja tiba di kamarku? Lalu alat komunikasiku berbunyi dan aku harus kembali ke luar kamar.


Kuharap komandan tidak benar-benar mengirimku sebagai tukang bersih-bersih.

Waktu penyelidikan : 20 April 2013-25 April 2013
Sarana : Koneksi Internet pada Laptop dan Handphone dengan bantuan Yahoo dan Twitter.

Hasil Penyelidikan:
Namanya Lilis. Ia memiliki 3 buah blog : Open Book, Maika, dan Life Is About Struggling The Best. Aku memanggilanya kak Lilis. Ia sendiri bingung memanggilku apa. Awalnya Ra, lalu Ry, lalu Ro, lalu Ul ._.

Foto Target :


Hasil Introgasi :

Kak Ra ini punya 3 blog ya? Bagaimana mengatur waktu agar ke-tiganya bisa tetap update? Aku punya dua dan kewalahan

Gak semuanya update sih Ry. Liat aja yang blog buku lama gak kuupdate. Padahal ya sehari-hari baca buku juga o_O

Tapi bulan ini pada ada tuh updatenya ;) Jadi buku apa aja nih yang dibaca tiap hari? Aku gak tiap hari :)))

Hihihi, iya siy, aku org ny bosenan, baca satu buku ga bsa lgsg abis kec tu buku bgs bgt, makany slalu ada aja yg dbaca. skrg msh on proses baca Young on Top sama Life of Pi.

kecuali bukunya bagus ya?gmn kl kak lis ngasih pendapat?tentang Life of Pi dan Young on Top?karena,ekhm,aku sampai saat ini belum punya minat buat baca dua buku itu.sebuah buku bikin aku bener-bener kepincut sama fantasi :p

life of pi aku baca krn penasaran knapa sampai difilmkan, dan kekny lumayan laris, blm nntn filmny, ttarik baca bukunya. life of pi mengisahkan khdpn pemilik kbn detil scara detil bahkan bdasarkan fakta ilmiah, pengisahany bikin pgn ke kbn bntg. kalau young on top itu perlu u cri inspirasi dan motivasi berkarir, aku percaya bahwa sukses itu bsa dtiru jalanny. billy bpen sdh membuktikan bahwa apa yg mjd prinsip dan budaya kerjany slama ini tokcer u karir, cocok u dipelajari. saya jg suka fiksi, terutama science fiction, contohnya air force, pengen nnton kalau ad filmny, kalau ga ttg sihir,ak sk jg.  buku yg plg ogah u dbaca adl teenlit, ak lbh ttarik sama dongeng anak anak drpd teenlit. Suka sastra dn pgn jd sastrawan. sastrawan yg unik contohny Sapardi Djoko Damono, romantis filosofis, hehehe. 

Tentang Life of Pi.

Tertarik karena buku itu diangkat ke layar lebar ya?

 Iya, dan sepertinya disambut baik oleh para penikmat film. Rus baca sinopsis nya juga menarik banget, jadi akhirnya beli deh :P


Memang sih kalau buku udah difilmkan para pembaca bakal mengira buku itu keren sehingga orang di luar sana rela menghabiskan jutaan dollar untuk membuat versi lainnya. Tapi beberapa ada yang bisa dibilang gagal. Sejujurnya aku belum baca atau nonton juga. Apa karena hal itu kak Lilis baca?

  Salah satunya karena sudah difilmkan, salah keduanya karena isi sinopsis yang kubaca cukup menarik. Sejujurnya aku lebih puas kalau baca bukunya dibanding nonton filmnya, contoh Harry Potter. Aku ga pernah puas sama filmnya, tapi selalu ketagihan baca bukunya. Tapi ada juga sih, film yang aku tonton cukup menarik tapi aku ga pengen baca bukunya karena ceritanya banyak bumbu cinta, kek Seri nya Twilight, ga pengen aku baca bukunya, XDDD
Trus, yang udah baca bukunya dan pengen banget dibvuat filmnya juga ada, Bliss, menarik kalau bisa melihat masakan yang dibuat dari berbagai macam bahan aneh dan punya daya magis, kereenn :P

Tentang Young on Top

Karir ya? Apa hal itu yang menjadikan kak Lilis tertarik membaca buku ini? Kak Lilis buka online shop juga kan?

Karir juga, motivasi juga. Aku seneng dengan buku buku pengembangan diri. Selalu yakin bahwa dengan memperbaiki diri setiap waktu akan mampu meningkatkan rasio kesuksesan kita dalam hidup. Dan well, Billy Boen is best writer too J Kalimat kalimatnya ngalir, enak dan mudah dimengerti. Tips-tipsnya juga praktis banget. I recommend this book, terutama untuk peningkatan soft skill.
Kalau soal online shop, itu usahaku untuk cari pengalaman berdagang, karena sistemnya mudah dan aman, aku jalanin aja. Alhamdulillah, masih prospek lah bisnisnya, terutama dengan teman teman kantor J

 Tentang sastra.

Kenapa kak Lilis suka sastra dan pengen jadi sastrawan?

 Karena sastrawan itu powerfull. Dia bebas share apapun rasa dan pemikirannya tanpa harus menggunakan jabatan, kekuasaan, wewenang, hehe. Dia cukup menulis dan mengajak orang lain menikmati sekaligus mengambil hikmah atas apa yang ia tulis.

Apa Sapardi Djoko Damono itu favorit kak Lilis?

Yap, karya-karyanya ga nyleneh. Simple tapi maknanya daleemm :PP 

Aku ini belum pernah baca buku sastra. Dulu pernah beli buku sastra kalau gak salah judulnya 40 Hari Turunnya Hujan, kalau gak salah lho ya.... Aku gak pernah baca dan hanya tertarik pada covernya. Tapi temanku yang sempat membaca buku itu sebelum kusumbangkan ke perpustakaan bilang bukunya bagus. Tapi aku gak minat. Pernah sih baca buku fiksi tapi bahasanya berat. Judulnya—ini juga kalau gak salah—Membunuh Orang Gila. Isinya keren dah....

Kenapa kak Lilis lebih suka baca cerita anak ketimbang teenlit? Apa merasa kembali muda? *ditimpuk batu bata*

Hihi, no. Aku orangnya suka bersenang-senang dengan imaginasi. Mudah bahagia dengan hal-hal kecil dan sederhana. Persis kayak dongeng untuk anak-anak, yang colourful, ringan dan ceritanya sederhana tapi biasanya kaya makna. Teenlit itu isinya sering bisa kutebak, walaupun biasanya dibumbui dengan kalimat-kalimat puitis, emm, sorry, tetep, aku gak tertarik.
Dan, aku belum pernah beli satupun buku teenlit. Baca udah pernah belum ya? Seperinya juga belum pernah XDD
Aku lebih tertarik sama buku semi sastra kek punya Andrea Hirata atau Tere Liye. 

Aku sih hanya berpendapat kalau teenlit adalah genre yang pamornya paling besar. Kalau udah ke toko buku, beuh, buku teenlit tuh pabalatak XD

Bener banget. Aku harap siy ada penulis teenlit yang ga hanya menyandarkan pada kepopuleran eenlit, menulis tidak sekedar kisah cinta, tapi lebih dari itu, Sehingga mungkin suatu hari aku bakal tertarik untuk baca :P

Tujuanku masuk BBI adalah agar aku terpengaruh untuk lebih giat membaca. Jadi adakah virus yang bisa kak Lilis tularkan padaku? Rekomendasi buku maksudnya. Yang menurut buat kak Lilis adalah buku yang must to read.

Buku Must To Read itu bukunya siapa ya, yang aku terinspirasi banget, emm, kebanyakan aku terinspirasi buku-buku Islam, kek, Saksikan Aku Seorang Muslim (Salim Afillah), Rumah Cinta Hasan Al Bana, gitu-gitu.
Kalau buku-buku lain ga ada yang must to read lah. Sesuai seleraku aja J  


Pertanyaan gak penting dari saya.

Seseorang—banyak sih sebenarnya—menyatakan kalau mereka pembaca, hanya seorang pembaca. Dan aku menyatakan kalau aku tidak sama dengan mereka. Membaca itu nikmat. Dan aku berpendapat akan jauh lebih nikmat menyaksikan orang lain membaca, membaca apa yang kutulis. Meresahkan sih, jujur saja. Aku masih enggan orang-orang membaca apa yang aku tulis. Kak Lilis ada di mana? Pembaca atau.....? Aku harap kak Lilis ngerti :p

Maksudnya apa yah? Hihihi, iyaa, aku ngerti. Kamu pengen menyatakan bahwa pembaca pun penulis. Artinya, dengan membaca kemudian menyampaikan pendapat isi bacaan, itu akan lebih memberi nilai lebih untuk orang lain yang membaca pendapatmu tentang sebuah bacaan. Begitu bukan?

Aku sendiri punya passion nulis. Walaupun masih di blog, kadang-kadang dikirim juga si ke majalah. Tapi aku beneran suka keduanya. Artinya, kesukaanku membaca tidak menghilangkan kesukaanku menulis. Malah aku ga bisa nulis kalau ga banyak baca >,< So, aku rasa ga ada masalah sama sekali dengan pemikiran seperti itu. Malah lebih baik kaya gitu, kita jadi diajak berpikir kritis terhadap pemikiran penulis J
 

The last question from me....

Tapi izinkan aku mengucapkan kalimat penutup.

Terima kasih karena bersedia menjadi korbanku di Close Up Interview. Senang bisa berkenalan dengan kak Lilis. Baru kali ini aku menemukan orang yang menyukai sastra. Dan semoga suatu hari nanti kak Lilis bisa bercerita banyak tentang sastra di blog. Sehingga aku bisa berkunjung untuk mencari virus baru. Tahukah kak Lilis aku sedang terkena virus dystopia?

Jadi, dari 3 blog milik kak Lilis. Kenapa tidak ada satu pun yang memajang logo BBI?

Hahahaha, thank you untuk harapannya. Aku harap juga aku punya akses lebih banyak ke buku-buku sastra karena aku sendiri agak kesusahan u dapetin bukunya >,<
Dystopia ya? Aku belum tertarik banget. Kapan kapan aku mampir ke blogmu.
BBI yah? Hahaha, aku baru gabung di BBI 3 bulan lau Ul, dan well aku juga belum liat apakah link blogku sudah terpampang di link-link BBI lain :P
Tapi akn kupertimbangkan u memasang dalam minggu2 ini insyaAllah.

That’s from me. Thanks you for your attention....

Arigatou Gozaimasu!

Thank you for all.
Jadilah pembaca yang profesional J
 

Laporan selesai.

Hanya ini yang bisa kuketahui tentang korbanku di misi yang ternyata diberi nama Close Up Interview Anggota Blogger Buku Indonesia. Aku tak menyangka kalau ternyata aku juga menjadi korban.

Jadi jika komandan masih memiliki misi untuk kulakukan lebih baik ucapkan sekarang atau izinkan aku merebahkan diri di kamar.


Sungguh minggu yang melelahkan. Karena komandan tidak lagi membalas pesan yang kusampaikan untuknya. Ah, jadi mari kembali ke kamar. Mengambil sebuah buku cerita dan mulai membaca....


27042013 Diary R. Maryana. Agen SS 251219922013

Ternyata aku juga menjadi korban. Aku menemukan data kalau bukan hanya aku yang menjalankan misi Close Up Interview. Data lengkapnya ada di sini. Kuharap komandan Lev tidak tahu kalau seorang warga sipil bernama Sabrina menjadikanku korbannya. Aku menemukan buktinya di sini. Semua yang kuceritakan padanya...

Note : Berhubung kejar deadline, eyd-nya aku beresin belakangan ya :p

8 comments: